Jumat, 05 November 2010

Google Buzz, Twitter Ala Google


Beberapa waktu yang lalu Google meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama Google Buzz. Sekilas fungsi dan tampilannya akan mengingatkan kita pada Twitter, seperti adanya kolom Share What You Thinking juga sistem pertemanannya dengan Follow & Follower.
Aplikasi Google Buzz ini terintegrasi dengan GMail, sehingga bagi Anda yang menggunakan layanan email dari Google akan secara otomatis memperoleh fitur ini. Dengan Google Buzz Anda dapat berbagi foto, video, tautan ataupun hal lainnya yang menurut Anda menarik.

Dari halaman utama GMail, Anda akan menemukan fitur Google Buzz pada menu utama bagian kiri.

Seperti halnya Twitter, Google Buzz menggunakan istilah Follow & Follower dalam sistem pertemanannya. Google Buzz secara otomatis memasukkan nama yang paling sering Anda kirimi email ataupun chatting pada kelompok Follow yaitu sebutan bagi teman yang akan Anda ikuti posting Google Buzz-nya.

Saat pertama kali mengakses Google Buzz, Google akan membawa Anda pada jendela Profile Preview. Anda bisa merubah tampilan profil Anda sekarang atau nanti melalui menu Edit diatas kotak  Share What You Thinking.

Kini kita coba membuat posting pada Google Buzz. Disini Anda bisa memasukkan Link ataupun Photo, selanjutnya Anda juga bisa mengatur jenis privasi posting-an Anda ini. Jika pada Twitter kalimat Anda terbatas pada 140 karakter, maka di Google Buzz jumlah huruf tidak dibatasi.

Kalimat yang Anda tulis akan muncul pada timeline bersama dengan posting dari teman-teman yang Anda ikuti (Follow). Masing-masing posting bisa diberi komentar, diberi tanda suka dan juga dapat dikirimkan melalui email. Sebelum menulis posting lebih jauh, ada baiknya kita ke menu Edit Profile untuk mengatur tampilan serta mengaktifkan alamat URL profil Anda.

Pada halaman Edit Profile, Anda bisa mengatur tampilan nama dan menambahkan data-data lainnya yang ingin Anda tampilkan. Jika ingin mengaktifkan alamat URL profil Anda, beri tanda pada kolom Profile URL. Dan jika Anda tidak tertarik dengan Google Buzz ini, Anda bisa menghapusnya dari kolom Delete Profile.

Jika Anda sudah mengaktifkan alamat URL Profil, maka akan lebih mudah bagi teman Anda untuk menemukan akun dan menjadi Follower Anda. Contohnya adalah yang dimiliki Diatasawam yaitu http://www.google.com/profiles/diatasawam

Ayo jadi Follower-nya Diatasawam untuk mendapatkan informasi artikel terbaru… ^^

0 komentar:

Posting Komentar