Sabtu, 06 November 2010

Melihat Informasi Penggunaan Hardisk


Mungkin, kita sudah menggunakan hardisk yang dapat dikatakan berkapasitas cukup besar. Karena perasaan bahwa dengan kapaitas tersebut kita dapat menyimpan apapun yang kita mau, kita tidak lagi memperhatikan masalah kapasitas hardisk yang tersisa, hingga akhirnya menyadari bahwa kapaitas yang tersisa tinggal sedikit. Dari sejumlah file-file yang tersimpan, bisa jadi banyak file yang berukuran besar yang sebenarnya sudah tidak diperlukan lagi seperti file film tidak akan ditonton lagi.
Kita sendiri yang tahu, berguna tidaknya file-file tersebut. Masalah lain yang mungkin dihadapi adalah bahwa sebenarnya kita tidak tahu pasti di lokasi mana saja file-file tersimpan. Ini bisa terjadi karena pada saat menyimpannya kita asal saja dan tidak memasukkan pada direktori yang seharusnya dan mudah ditelusuri kembali. Dua program berikut ini adalah software yang dapat digunakan untuk melihat bagaimana penggunaan hardisk, pada folder mana penggunaan paling besar terjadi beserta ukuran-ukuran filenya.

WinDirStat

Ini merupakan kloning program KDirStat pada KDE yang ditemui pada komputer bersistem operasi linux. Seperti halnya KDirStat, WinDirStat dapat digunakan untuk memvisualisasikan penggunaan hardisk pada suatu partisi atau drive.




Dalam menggunakannya kita dapat memilih semua drive yang ada pada komputer atau hanya salah satu atau beberapa drive yang diinginkan, untuk kemudian drive-drive yang dipilih tersebut akan di-scan dan hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk tree map dengan mengurutkan konsumsi oleh folder dari yang terbesar. Selain tree map, visualisasi penggunaan hardisk tersebut digambarkan dalam grafik dengan merepresentasikan file-file yang ada sebagai sebuah blok yang besarnya menggambarkan ukuran file. Dengan mengklik misalnya blok berukuran terbesar akan mudah mengetahui file mana yang berukuran terbesar. Legend untuk memberi keterangan tipe file berdasarkan warna blok juga dihadirkan.

JDiskReport

Seperti halnya WinDrStat, JDiskReport dapat digunakan untuk menggambarkan penggunaan hardisk pada suatu drive. Scan dapat pula dilakukan terhadap suatu direktori beserta isinya saja.



Visualisasi penggunaan oleh suatu folder dapat digambarkan sebagai grafik apakah pie chart, ring chart, atau bar chart. Melihat dalam bentuk tabel untuk menggambarkan penggunaan kapasitas hardisk oleh folder atau file pun dimungkinkan. Selain berdasarkan ukurannya, statistik berdasarkan jumlah banyaknya file juga dapat dilihat menggunakan tool ini.
Software yang selain dapat digunakan untuk Windows juga dapat digunakan untuk Linux dan Mac karena JDiskReport berjalan di atas Java, dan untuk itu perlu instalasi Java terlebih dahulu untuk mengoperasikannya. Untuk mendownload JDiskReport, dapat dilakukan dari halaman web-nya di sini.
Setelah mengetahui file mana yang mengkonsumsi kapasitas hardisk terbesar, dengan mempertimbangkan keperluan keberadaannya di hardisk komputer yang digunakan, mungkin ada perlunya menghapusnya atau memindahkan ke media penyimpanan backup yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar