Rabu, 03 November 2010

Menjelajahi Tampilan Baru Facebook

Bersamaan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-6 tanggal 4 Februari lalu, Facebook melakukan perubahan besar-besaran terhadap tampilannya. Facebook menyederhanakan tata letak menu dengan mengelompokkannya berdasarkan kategori. Well, jika dibandingkan desain yang terdahulu, tampilan Facebook kali ini bisa dikatakan yang paling baik.
Secara umum, tampilan menu Facebook dibagi dalam 3 kelompok seperti gambar berikut ini:
Pada kelompok pertama, Anda akan melihat 3 menu (Friend Requests, Messages, dan Notificatons) yang terletak di sebelah kanan logo Facebook. Yang pertama adalah menu Friend Request, Anda bisa langsung mengetahui Friend request terbaru disini..
Selanjutnya ada menu Messages. Jika dulu kita baru bisa mengetahui judul dan pengirim pesan setelah masuk ke menu Inbox. Kini Anda tidak perlu pergi ke halaman baru, karena pada menu Messages sekarang Anda bisa melihat siapa yang mengirim pesan terbaru dan judulnya dari halaman utama.
Menu Notifications pada tampilan yang lama ada di pojok kanan bawah disebelah kotak menu Chat. Karena sekarang lokasinya ada di atas, lebih enak dilihat menurut saya.. :p

Sekarang kita masuk ke kelompok kedua, disini juga ada 3 bagian yaitu menu utama, aplikasi dan chat. Persis dibawah gambar Profile Picture, Anda akan menemukan menu utama. Sama seperti yang dulu, News Feed berfungsi untuk melihat berita terbaru dari teman Anda. Messages sama fungsinya dengan tombol cepatnya yang ada di kelompok pertama. Daftar acara dan siapa yang berulang tahun bisa Anda lihat dari menu Events. Sementara itu, video kini disatukan ke dalam menu Photos. Susunan foto dan video serta tombol unggah disini terasa lebih simpel. Terakhir ada menu Friends, daftar pengelompokkan teman ada di menu ini.

Selanjutnya Anda akan menemukan kelompok menu aplikasi. Semua aplikasi Facebook yang Anda gunakan akan disusun disini. Yang baru adalah menu Games, disini Anda dapat melihat daftar Games yang Anda dan teman Anda ikuti. Bahlan Anda juga bisa tahu kapan teman Anda terakhir memainkan Games terakhir. Dibawah menu aplikasi, Anda bisa melihat daftar teman yang sedang online. Meski daftarnya ada di bagian kiri, kotak chatting tetap akan muncul di bagian kanan bawah seperti tampilan lama.

0 komentar:

Posting Komentar