Jumat, 05 November 2010

Tombol Retweet di Twitter

Satu lagi fitur yang baru-baru ini diberikan Twitter, yaitu fitur Retweet. Retweet merupakan istilah dalam mengulang tweet atau posting seseorang dalam akun Twitter kita. Fungsi Retweet sendiri sudah lama digunakan pada aplikasi-aplikasi Twitter buatan pihak ketiga yang biasa disingkat dengan sebutan RT. Lalu apa bedanya dengan fungsi Retweet keluaran Twitter ini? Mari kita pelajari lebih jauh…
Seperti halnya saat mengeluarkan fitur List, Twitter tidak memberikan fitur Retweet secara bersamaan kepada seluruh penggunanya. Jika fitur Retweet telah tersedia di akun Anda, maka Anda akan menemukan kotak berikut:
Selanjutnya Anda tinggal mengklik tulisan Retweet yang ada di setiap tweet orang yang Anda ikuti (following). Dalam menentukan tweet mana yang ingin Anda Retweet, pilihlah yang menurut Anda penting untuk diketahui teman lainnya.
Berbeda dengan tampilan Retweet dari aplikasi pihak ketiga yang susunannya “@namaanda RT @namatemanda isi tweet”, disini tweet yang Anda Retweet akan muncul di profil & halaman pengikut Anda tetap dengan identitas penulis aslinya dengan dilengkapi simbol Retweet yang berwarna abu-abu. Anda juga bisa melihat berapa banyak orang yang melakukan Retweet terhadap tweet tersebut pada tulisan Retweeted by di bagian bawah isi tweet.
Jika teman yang Anda ikuti melakukan Retweet terhadap tweet yang akunnya tidak Anda ikuti (follow), maka Retweet-nya akan muncul di halaman Anda seperti berikut:
Anda juga bisa mengatur apakah Anda mau menerima Retweet dari teman Anda atau tidak. Caranya, buka halaman profil teman yang Anda ikuti, kemudian klik logo Retweet yang ada disamping tulisan Following. Warna hijau berarti Anda menerima setiap Retweet yang dilakukan teman Anda ini, sementara warna abu-abu berarti Anda tidak ingin memunculkan setiap Retweet dari teman ini di halaman Anda.
Secara tampilan, fitur ini cukup menarik dan rapi dalam menampilkan Retweet dibandingkan fungsi yang sama dari aplikasi pihak ketiga. Namun tidak adanya ruang untuk memberikan komentar tambahan membuat sebagian orang masih lebih nyaman dengan fitur ini menggunakan aplikasi pihak ketiga.

0 komentar:

Posting Komentar