Kamis, 30 Desember 2010

Membuat Sub Sub Domain .Co.Cc dengan Benar


Sebelumnya saya pernah posting mengenai cara pembuatan sub sub domain di .co.cc (Baca: Membuat Sub Domain Lagi di .Co.Cc). Postingan serupa juga di posting di O-om. Nah, postingan ini hadir untuk menambal kesalahan dalam postingan tersebut yang ternyata kelemahannya sangat besar. Dengan cara terdahulu memang kita akan berhasil membuat sub sub domain dari .Co.Cc, namun karena sub sub domain (misal: blog.duniasastra.co.cc) tidak di set dengan www, maka akan terjadi saling tubruk arahan non-www ke www.

Berikut pengaturan arahan non-www ke www pada blogger:
Halaman pengaturan arahan pada blog www.duniasastra.co.cc


Halaman pengaturan arahan pada blog blog.duniasastra.co.cc

Perhatikan pada dua gambar di atas, sama sama mengarahkan duniasastra.co.cc ke www.duniasastra.co.cc dan yang satunya ke blog.duniasastra.co.cc. Nah, Kasusnya adalah jadi tertumpuk karena satu alamat tanpa www yakni, duniasastra.co.cc diarahakan ke dua tujuan berbeda. Satu lagi masalah lain, jika Anda hilangkan centang arahan non-www ke www pada pengaturan blog www.duniasastra.co.cc  maka otomatis pada blog satunya yakni blog.duniasastra.co.cc juga akan hilang. Begitu juga saat Anda centang, yang satunya juga ikut tercentang. Akhirnya terjadilah dobel tersebut. Lalu, kalau terjadi dobel, kemana duniasastra.co.cc akhirnya diarahkan? Ini tergantung terakhir kali Anda lakukan centang. Jika terakhir kali centang lewat pengaturan di www.duniasastra.co.cc maka ke sanalah diarahkan. Begitu juga sebaliknya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus set sub sub domain dengan benar seperti Anda set sub domain Anda. Anda harus memiliki 4 Zone Record. Dua untuk sub domain Anda (misal www.masdoyok.co.cc), dan dua lagi untuk sub sub domain Anda (misal www.sharing.masdoyok.co.cc). Dua zona record tersebut masing-masing dengan CNAME untuk domain ber-www dan type A untuk domain non-www yang nanti akan diarahkan ke WWW.

Berikut contoh rincian Zone Record yang harus Anda tambahkan, seperti disebutkan di atas:

Pertama...

Zone Record - 1D - CNAME - www.masdoyok.co.cc. Value isi dengan ghs.google.com. Ingat untuk gunakan www pada pengisian domain.

Kedua...
Zone Record - 1D - type A - masdoyok.co.cc. Value isi dengan IP blog Anda. Pada pengisian domain jangan sertakan www.

Ketiga..
 
Zone Record - 1D - CNAME - www.sharing.masdoyok.co.cc. Value isi dengan ghs.google.com. Ingat untuk gunakan www pada pengisian domain.

Keempat...

Zone Record - 1D - type A - sharing.masdoyok.co.cc. Value isi dengan IP blog Anda. Pada pengisian domain jangan sertakan www.

NB: Untuk mengetahui IP Blog Anda silahkan baca Agar Domain .Co.Cc bisa diakses tanpa WWW.

Nah, setelah Anda setup 4 zone record tersebut mari kita masuk ke setting pengaturan arahan non-www ke www pada blogger. Jika tadi di awal terjadi dobel, maka ini akan normal:

Berikut adalah pengaturan arahan pada blog masdoyok.co.cc
 
masdoyok.co.cc benar diarahkan ke www.masdoyok.co.cc
Berikut adalah pengaturan arahan pada blog sharing.masdoyok.co.cc
sharing.masdoyok.co.cc benar diarahkan ke www.sharing.masdoyok.co.cc

Sekarang centang-centangan antar keduanya berdiri sendiri dan tidak terikat. Silahkan centang keduanya agar dua blog Anda bisa diakses tanpa www. Dan dipastikan tidak terjadi dobel. Setelah semua pengaturan di atas, silahkan bersabar hingga 2 x 24 jam untuk rasakan effectnya, meski beberapa beruntung karena kurang dari sejam telah sukses.


Selengkapnya di www.MasDoyok.co.cc Membuat Sub Sub Domain .Co.Cc dengan Benar

0 komentar:

Posting Komentar