Selasa, 02 November 2010

Melihat Topik Terpopuler di Twitter

Bulan lalu, Twitter merubah mengubah tampilan halaman muka situsnya. Jika sebelumnya halaman muka Twitter hanya berisikan panduan dan cara mendaftar, maka pada tampilannya kini Twitter menampilkan topik apa saja yang paling populer digunakan para penggunanya. Bahkan di halaman ini Twitter langsung menyapa para pengunjungnya dengan kalimat ‘See what people are saying about…’, hal ini semakin memantapkan keunggulan Twitter dalam memantau apa yang saja yang menjadi bahan pembicaraan dunia saat ini. Yuk mari kita lihat lebih lanjut apa saja informasi yang ada di halaman muka Twitter ini….
Beginilah halaman muka Twitter sekarang :
Di bagian bawah Anda akan menemukan kotak dengan judul Popular Topics By The Minute, Day and Week. Jika penasarn dengan apa fungsinya, arahkan kursor Anda pada tanda tanya di sebelah judul. Disana dijelaskan bahwa Twitter mengamati setiap tweet (sebutan untuk postingan di twitter) dari para penggunanya, kemudian Twitter akan memberikan ranking pada kata atau kalimat tertentu berdasarkan popularitasnya.
Topik terpopuler dikategorikan oleh Twitter dalam 3 kelompok yaitu Menit, Hari dan Minggu. Pada baris pertama Anda akan menemukan urutan topik yang paling populer pada menit terakhir, di baris kedua ada daftar topik yang paling populer dalam 24 jam terakhir dan di baris ketiga adalah urutan topik yang paling populer dalam satu minggu terakhir.
Anda bisa meng-klik salah satu topik untuk mengetahui apa saja isi tweet orang-orang tentang topik tersebut. Pada topik tertentu, biasanya Twitter juga akan memberikan deskripsi singkatnya tepat dibawah kolom pencarian.
Anda juga bisa menggunakan kolom pencarian untuk mencari kata kunci lainnya diluar topik terpopuler. Topik-topik dari Indonesia seperti Indonesia Unite dan Mbah Surip pernah menjadi topik terpopuler, hal ini tidak mengherankan mengingat jumlah pengguna Twitter di Indonesia yang terus meningkat belakangan ini.
Mmmm, lewat Twitter kita bukan hanya menjadi pengikut tren, tapi kita juga bisa menjadi pembuat tren…. :)

0 komentar:

Posting Komentar