Selasa, 02 November 2010

Fitur Lists di Twitter

Baru-baru ini Twitter merilis fitur terbarunya yaitu Lists. Sesuai terjemahan katanya, Lists disini artinya daftar. Jadi Anda kini bisa membuat daftar pengelompokkan pengguna Twitter dimana daftar tersebut juga bisa di-follow oleh pengguna lain. Fitur ini tidak diberikan Twitter ke seluruh pengguna secara bersamaan, jadi bisa saja Anda baru memperoleh fitur Lists hari ini, sementara teman Anda sudah mendapatkannya minggu lalu. Meski Twitter bilang jangan tweet dulu tentang fitur ini, saya sudah gatal ingin membagikannya kepada Anda… :D
Jika fitur Lists sudah aktif di akun Twitter Anda, maka Anda akan menemukan kotak berikut di halaman utama:
Atau Anda juga bisa menemukan menu Lists pada sisi kanan. Selanjutnya untuk membuat List baru, klik tombol Create a new list. Disini Anda bisa mengatur jenis daftarnya, apakah itu bersifat terbuka atau tertutup.
Selesai membuat List baru, Anda bisa mulai memasukkan nama-nama teman Anda ke dalam List dengan menu pencarian:
Jika Anda sudah menemukan akun teman yang Anda cari, Anda bisa langsung menambahkannya ke dalam List yang Anda buat tadi.
Anda juga bisa menambahkan seorang pengguna dari halaman depan Twitter-nya, cukup klik menu Lists seperti dibawah, kemudian pilih daftar yang Anda maksud.
Jika Anda telah membuat List, maka nama List tersebut muncul di menu sebelah kanan. Perhatikan pula tulisan listed yang ada di kanan follower, itu adalah jumlah siapa-siapa saja yang sudah memasukkan akun Anda ke dalam List-nya.
Beginilah tampilan List yang telah dibuat, disini akan tampil isi tweet orang-orang yang di-follow oleh List:
Anda juga bisa menjadi follower dari List yang dibuat oleh orang lain dengan mengklik tulisan Follow this list.
Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menjadi follower banyak orang pada komunitas tertentu. Cukup ikuti List-nya, maka Anda akan dapat memantau tweet mereka. Contohnya, Anda bisa mengikuti tweet Tim Twitter tanpa harus mengikuti Twitter mereka satu persatu secara personal. Menarik ya? :)

0 komentar:

Posting Komentar