Rabu, 29 Desember 2010

Pengertian Sedulur Papat Lima Pancer

Ilmu Sadulur Papat Lima Pancer adalah merupakan fondasi dari pemahaman kebatinan yg aplikasinya biasanya mengarah kepada Bela diri /Silat,Ilmu Pengobatan, dan pencarian Jati Diri. Saya mengundang kepada rekan sekalian untuk memberikan masukan-masukan dari apa yg pernah didapat, dipelajari dan dipahami dari berbagai versi apakah itu versi Melayu, Jawa, Kalimantan, Arab, Hindu dan lainya.

saya mulai dengan pertanyaan, adakah temans mengetahui bahwa ilmu tsb merupakan pemahaman dari simbol tapak jalak ( + ) yg juga mirip dengan simbol swastika..?
karena menurut keterangan, simbol ( + ) yg mirip salib ini adalah merupakan simbol tertua yg pernah ada perhatikanlah tanda tersebut adalah mirip tanda bintang ( * ) yg merupakan simbol rahasia dari King of Solomon atau Star of David,titik tengah adalah diri kita yang didampingi 4 arah depan belakang kanan dan kiri.

"Mar marti kakang kawah adi ari2 getih lan puser"

"Sang ratu kepyok sang ratu herang putih
kadulur batin ka anak batin, kanu opat lima pancer "

Sejarah dan Filosofi Sedulur Papat Lima Pancer

Pemahaman Filosofi Sedulur Papat Lima Pancer ( selanjutnya disebut S45P ) ternyata mugkin bukan hanya milik bangsa Indonesia. Ada beberapa budaya yang ternyata “sama” apabila di kaitkan dengan S45P budaya Indonesia diawal cerita pada thread ini kuungkap dengan pertanyaan "adakah hubungannya dengan simbol "tertua" (+ dan *) sebagai the secret symbol of Solomon" dalam budaya dunia .

Contohnya dari Yunani:
Yang bikin Zeus punya hak merintah Olympus adalah jasanya yaitu, mengalahkan 4 Titan (terdiri dari tanah, air, api dan angin) dengan mengunci mereka pada tempatnya masing2.

Contoh lagi dari Cina:
Journey to the West, menceritakan perjalanan biksu yang lemah tak berdaya bersama 4 muridnya yang siluman sakti mandraguna (Gokong, Patkay, Sachen dan Lungma) ke Barat mencari kitab suci.

Contoh dari wayang:
Kereta Sri Kresna yang ditarik oleh 4 kuda (merah, hitam, kuning dan putih) saat perang Baratayudha.

Contoh dari Republik tercinta:
bahwa filosofi sadulur papat lima pancer secara tidak langsung oleh Bung Karno telah dijadikan "Icon" Falsafah Sakti Bangsa Indonesia.
Pancasila, dengan bintang ditengah, dikelilingi 4 lambang (rantai, beringin, kepala banteng dan padikapas) pada empat sudutnya.

Semuanya melambangkan hal yang sama:
4 kekuatan dipimpin oleh 1 kebijaksanaan.
4 kekuatan dilambangkan dengan 4 anasir: api-air-angin-bumi 1 kebijaksanaan dilambangkan petir/listrik
Suro -Diro-Joyo-Ningrat masih kalah sama Pangestuti kan?

Setau saya ini bukan hanya menyangkut hal yang gaib, tapi yang ilmiah juga:
Bukankah kemajuan teknologi jadi luar biasa setelah menggunakan listrik sebagai daya? Ini juga berhubungan dengan fisiologi manusia: Tahukah bahwa sistem syaraf (yang menggunakan lompatan listrik sebagai sinyal) adalah yang terakhir berhenti berfungsi saat manusia mati?

Makanya dipake kejutan listrik waktu jantung berhenti? mengerti S45P berarti mengenali diri, mengenali alam semesta, dan mengenali sang pencipta menguasai S45P berarti mampu menjalankan satu-satunya tugas manusia di dunia, menyempurnakan akal untuk menjadi kalifatul-fil -ardh (pemimpin dunia)
dan gambar2 simbol inilah untuk bahan renungan.


S45P Menurut Beberapa Budaya di Indonesia

Dengan memperhatikan gambar yang berbentuk "Rajahan" ( rumusan2 rahasia ) dari berbagai versi rajahan2 ini mengisyaratkan "sedulur papat lima pancer" bagi siapa saja yg mampu "membaca makna dibaliknya" dalam versi melayu empat penjaga manusia yang bernama karoman, katibin, mukarraman, mokarrobin

Di makasar, bakasang, jarmulah, karimulah, corosangi. .. .. sebagai dasaran diberi yang 4, artinya api, air, angin, tanah dan besi. dengan manggil yang empat itu konon langsung bisa silat otomatis, atau gerak rasa, memang sih tangan bergerak otomatis pada awalnyadi Ambon, atalu,akyau,atamn,dadoming . sedulur 4 dalam sistem ambon ini, pengaktifanya ketika haji di tanah suci, wallahualam

Kitab Boru Debata - Biru
by:Prof. DR. Morden Sorimangaraja Sitanggang
Kitab ini berisikan tentang kehidupan wanita hingga memperoleh anak termasuk para putri titisan Allah juga mengenai para ratu air.

Laklak Boru Debata (Kitab Putri Mulajadi)
Selama satu tahun, manuk-manuk hulambu jati mengeram tiga ruas bambu, kemudian dari tiga ruas bambu tersebut keluarlah tiga orang wanita yang bernama :
1. Siboru Porti Bulan
2. Siboru Malinbindabini
3. Siboru Anggasana

Kemudian Ompunta Mulajadi Nabolon bersabda : “ Wahai engkau Siboru Porti Bulan kimpoilah engkau dengan Batara Guru ! , engkau boru Malimbindabini kimpoilah engkau dengan Debata Sori ! , engkau Siboru Anggasana kimpoilah engkau dengan Debata Bulan " ! " Aku akan memberitahukan kepada kalian bagaimana terjadinya manusia selama sembilan bulan dalam kandungan ibu dan tiga bulan di kandung ayah. Jika delapan bulan dalam kandungan ibu, maka empat bulan dikandung ayah, sebab terjadinya manusia harus setelah tiga kali Panenabolon singgah di empat desa mengelilingi bumi ini, lalu aku akan memberikan kuasa kepada kalian agar menguasai air beserta isinya. Uruslah anak-anakmu kelak dan bantulah manusia yang tidak mempunyai keturunan". Pada jaman dahulu kala dokter spesialis kandungan belum ada. Yang ada hanya dukun beranak (Sibaso Nabolon) yang mengurus sejak dikandungan sampai dilahirkan.

1. Kodrat Kandungan
Menurut orang batak, khususnya Ugamo Malim terjadinya manusia menjalani rentang waktu selama dua belas bulan. Di dalam kandungan ibu hanya sembilan bulan, dimanakah tiga bulan lagi? Menurut orang batak yang tiga bulan lagi dikandungan ayahnya, sebab jika tidak bersemayam dalam kandungan ayahnya selama tiga bulan, bagaimanapun si ibu tidak akan mengandung.

Terjadinya manusia dalam sembilan bulan.

Bulan I
Benih tiga bulan dalam kandungan Ayah Benih kejadian dalam Ibu
Roh dari Rohani bercampur dengan Roh Jasmani ditambah kodrat Mulajadi berdiam dibumi suci di rahim ibu.

Bulan 2
Telah bertambah Debata na tolu dibumi suci mendapat getaran, Jika sudah ketemu berbentuk.

Bulan 3
telah berada dalam bumi suci, dan sudah dapat berdenyut. Tambahan Debata na tolu masuknya warna merah, putih, hitam
Bulan 4
Pada bulan keempat, sudah dalam proses pembentukan kulit. Pada saat ini Ibu mulai merasa mual, karena sudah mulai bergerak.

Bulan 5
Pada bulan kelima proses terjadinya otak manusia dalam bumi suci.

Bulan 6
Proses bulan keenam adalah proses terjadinya urat manusia dan sudah mulai bergerak.

Bulan 7
Pada bulan ketujuh proses terjadinya tulang.

Bulan 8
Pada bulan kedelapan bayi sudah hampir rampung dan sudah mulai bolak-balik, serta mulai terjadinya rambut.

Bulan 9
- Proses pemisahan air ketuban
- Proses pemisahan bungkus
- Proses pemisahan tali-tali
- Proses pemisahan darah pengiring maut
- Dan tinggal menunggu hari lahirnya.


Setelah sembilan bulan dalam kandungan maka bayi tersebut mulai berputar, selama tujuh hari, tiba pada hari ketujuh setelah bayi tersebut berputar tujuh kali, maka pintu bumi pun terbuka dan bayi tersebut keluar kemudian menangis memulai hidup ke zaman mulia.
Perlu kita ketahui bahwa selama hidup hanya satu kali kita bisa lihat wujud roh manusia yaitu ARI-ARI.

2. Asal Kesempurnaan Hidup
Oleh sebab itu maka kita harus mengetahui adanya manusia sempurna pada keadaan yang sejati, seperti sang makhluk yang pulang pada zamannya. Jika telah terdesak dialamnya sendiri dan telah berwujud satu, maka akan lahir kedunia setelah :
- Cahaya gemilang turun kepada bayi.
- Budi turun pulang kepada adjsan
- Raksa turun pulang kepada miral
- Rupa turun pulang kepada arwah
- Warna turun pulang kepada wasdayat
- Bau turun pulang kepada wahdat
- Angan turun pulang kepada hadijat - Hidup turun pulang kepada insan


Insan sempurna terang benderang dari kodrat Debata Natolu adalah pria dan wanita. Manusia yangsempurna didalam hidup di bumi suci setelah memiliki : - Kulit - Rambut
- Otak - Daging
- Urat - Darah
- Tulang - Sumsum

adapun empat saudara kelima darinya dalam wujud adalah : - Air tuban
- Bungkus
- Temburi (Ari-ari)
- Darah pengiring budak
- Pancar ( telah sempurna kepada kodrat Yang Maha Mulia selama-lamanya ) - Hitam bernyala merah
- Merah bernyala kuning
- Kuning bernyala putih
- Putih bernyala murni
- Kulit bernyala daging
- Kulit bernyala tulang
- Tulang bernyala kawat (urat)
- Urat bernyala cahaya ( kata nujum manusia sempurna di bumi suci )

0 komentar:

Poskan Komentar