Rabu, 29 Desember 2010

Sedulur Papat Lima Pancer : Aplikasi dan Implikasi

1. Penjabaran dari Pemahaman Kalimah Saudara Lahir Batin :

“Sang Ratu kepyok (kakang kawah) sang ratu herang putih (adi ari2)”
“Kadulur bathin ka anak bathin” , saudara bathin kita yg berupa anak bathin “Kanu opat lima pancer”, yang berjumlah empat dan kita sebagai pancernya

“Ya Allah aku mohon diantar kadulur bathinku kaanak bathinku Yang hidup dalam satu hari satu malam”
Bermakna permohonan kepada The Supreme Ultimate (yaitu Sang Maha Pencipta) Agar supaya kita diantar atau dipersatukan kembali kepada saudara empat Yg hidup bersama kita 24 jam setiap harinya.

“Wahai dulur bathinku anak bathinku bantulah aku”…
Bermakna perintah dan penyadaran /pengajakan untuk kebersamaan Mengatasi seluruh permasalahan hidup kita sebagai manusia.

“Berkat La ilaha illAllah Muhammadur Rasulullah”
Dengan berkah kalimah syahadat sebagai bentuk Visi Aqidah

“Aku tahu asalmu 204 sambungan” bermakna pengasalan sebagai “Ilmu Asal” dari pemahaman hikmah “Inna lillahi wa inna ilaihi ro-ji-un”

yg menurut keterangan “petuah” ahli hikmah terdahulu dikatakan barangsiapa yg tahu mengasalkan segala sesuatu maka tak akan dimakan oleh sesuatu itu siapa yg tahu pengasalan besi tak akan dimakan besi siapa yg tahu pengasalan api tak akan dimakan oleh api siapa yg tahu pengasalan air tak akan tenggelam dimakan air siapa yg tahu pengasalan tanah tak akan hancur tubuh dimakan tanah dan seterusnya..

“HU ALLAH”
bermakna “kalimah kunci keputusan Haq” hakekat semua adalah Dia semata hikmah pemahaman HUWALLAH dari Qul Huwallah Ahad Esa, Ahad, Alif, Alif mutakalliman wahid..

2.DAYA YANG BERASAL DARI SADULUR PANCER DAN PENG AKTIFAN
2.a. Versi

yaitu saudara yang telah kumpul jadi "wewayangan" yg bernama Makdum Sarpin yg telah menguasai daya ini akan mampu dan mengerti petunjuk Allah dengan melalui perlambang2 dan dengan kemampuan2 yg diistilahkan dia "ma`unah" (untuk menjalani laku kehidupan) dan bisa menyebabkan jadi "dukun" dan punya kemampuan untuk melakukan Puter Giling dan mampu untuk mendatangkan kebutuhan duniawi jadi, siapapun yg mampu sampai kepada Daya Makdum Sarpin itu bisa memiliki Daya Kesejahteraan (apapun yg diinginkan terpenuhi)

Daya yg berasal dari pengertian sadulur pancer ini adalah termasuk bagian dari "daya asor(bawah)" sebab terjadinya melalui jalan "kacipta" (penciptaan/keinginan) maka apapun yang merupakan "kacipta" itu adalah memang hanyalah kebutuhan2 duniawi saja, maka dinamakan "daya asor" dan belum termasuk dari "daya ala" (tinggi) (keterangan dari kitab Atassadhur Adammakna)

laku nya:
mandi pada malam hari 7x, setiap sejam sekali, mulai jam 23.00 selesai jam 05.00 pagi. diantara istirahat mandi itu harus berdiam diri sambil memperhatikan tanda2nya atau lsg ketemu jika sudah bertemu bacakan mantera ini:
Bismillahirrahmanirrahiim
Sangkun dat sukma, sukma kang ana sajabaning wayangan ni endang sukma kang mider ana sajroning wayangan
sira aja ngaling2i aku
aku arep ketemu kadangku kang sejati kang langgeng ora owah gingsir perlu...
jika belum berhasil maka ulangi cara2 tsb sampai malam yg ketujuh

2.b. Versi b

Cara pengaktifan (1)
1. Lakukan niat berwudhu kemudian berwudhu. Gunakan air untuk berwudhu. Caranya; Ambil maksud tersirat wudhu dan air. Kemudian basuhlah.Wudhu arti katanya letakkan dan Air adalah perlambang ilmu/pengetahuan. Letakkan segala nafsu kita dengan memakai pengetahuan sesuai dengan kemampuan yang kita pahami. Pengetahuan disini dimaksudkan berbentuk suatu cara atau metode, umumnya hanya individu yang memahaminya. Bahasa kerennya point (1) adalah meditation, mengheningkan cipta.

2. Lakukan niat sholat dan bertakbirlah (Allahu).
Caranya; Ambil maksud tersirat sholat dan takbir. Kemudian sholatlah. Sholat arti
katanya hadap dan takbir adalah pernyataan. Hanya dia yang ada selainnya tidak ada. Metodenya Allahu, yaitu dengan metode mengikuti alunan nafas (keluar/masuk) tanpa bentuk kesengajaan dalam artian diatur, biarkan nafas berjalan sebagaimana mestinya.
Bahasa kerennya point (2) adalah Concentration, menghimpun cipta 3. Hindari hal-hal yang membatalkan sholat.
Caranya; Ambil maksud tersirat batalnya sholat. Kemudian akhiri sholat dengan salam. Saat masih merasa pada semua cipta-cipta, tapi sudah tidak mau menerima segala cipta tadi, usahakan untuk tidak kemasukkan segala sesuatu perihal keduniawian (seperti uraian diatas), dalam artian jangan bergerak atau berubah. Bahasa kerennya point (3) adalah Contemplation, mencurahkan segenap cipta kearah satu titik tujuan.

4. Berdoalah setalah Salam, dengan memulai bismillahi.
Caranya; Ambil maksud tersirat doa dan bismillahi. Kemudian akhiri dengan
Alhamdulillahi. Doa arti katanya mohon. Berkehendaklah setelah salam, dalam artian dengan sengaja mengeluarkan diri kita dari badan Madiyapada (jasmani + keduniawian).

Bismillahi, asal kita adalah DIA.
Ba=tempat, Siin=hakiki, mim=muhammad/manusia, Allahu.
Dalam artian, berkesadaran penuh akan siapa diri ini, berserahlah (grounding).
Bahasa kerennya point (4) adalah Initation (bukan pengertian umum), memandang Rerupa Yang Sejati . Initiation arti katanya adalah permulaan, awal. Apa/siapa yang diciptakan sebelum kita diciptakan, adalah Muhammad. Sebab itulah, dalam point (4) kita harus benar-benar menyerahkan diri sepenuhnya pada DIA.

Adalah terjadi sebuah kesamaan frekuensi atau energi, bila kita benar menjalani point (1) s/d (4), yangmana disaat point (4) ini, umumnya yang terjadi, diawali oleh sebuah cahaya yang tak berbentuk. Selanjutnya akan tampaklah sesuatu, yaitu sama ceritanya pada saat nabi Muhammad menerima wahyu.

Perlu Diketahui;
Cara/sistem ini sangat memerlukan kepasrahan, dalam artian tidak terburu-buru dalam menjalaninya. Diperlukan kerileksasian, bebas dan tidak tegang serta tidak takut ataupun kaget.


Versi Pengaktivan (2)

1. Niat; Saya ingin mengaktifkan/mengontak sedulur bathin Saya... ..untuk..
2. Setiap sehabis sholat fardhu, dibaca 15 kali.
Bismillahir ...
Allahumma sholli wassalim wabarik 'ala sayyidina Muhammadinin nuriddati wassiris
saari fi saa-iril asmaa-i ... .. wwassifati wa 'ala alihi washobihi wassalim.
N.B: (... ..) adalah Alfateha tanpa bismillahir...

(Penafsiran Ki Sawung terhadap Versi Rizkyka )
• berwudhu, cleansing , pembersihan diri, penyucian menetralkan "hawa kotor/negatif" akibat perbuatan dan perjalanan di hari itu laksana "cermin" jika tidak dibersihkan, bagaimana bisa "berkaca" dan "mempersiapkan diri" sebagai performance diri untuk "menghadap" dan "diterima" dan "menerima"
• sholat dan takbir.setujukah temans jika kukatakan bahwa sholat adalah salah satu bentuk "energizing", karena bukankah "kita" yg perlu sholat, dan bukan sholat yg perlu kita? energizing dalam rangka penegakan "Alif" diri.dengan seruan "Allohu Akbar" sebagai passwordnya.. dan sampai pada bentuk "sholat" yg hidup dan setiap saat..(?)
• Hal2 yg membatalkan sholat. sehingga sholat menjadi kutukan dan bukan menjadi kebaikan. di wilayah inilah "mengerikan".karena banyak contoh org2 yg rajin sholat malah menjadi tambah jahat dan ahlul maksiat.
• Doa dimulai bismillahi, sebagai bentuk aplikasi "sosial immateri" support energy kpd diri dan sesame aku mengibaratkan doa sebagai grounding pada meditasi

3. Komunikasi

3.a. Salah Satu Cara Melihat Kenberadaan S45P
yaitu yg awalnya adalah berwujud cahaya2 merah,putih, kuning dan hitam... ini teknis nya :
"tekan dengan lembut ujung mata anda dengan telunjuk, mata dalam keadaan tertutup dua2nya..perhatikan, nanti akan muncul salah satu cahaya yg agak samar2 sering lakukan ini tiap hari maka hanya 4 cahaya tsb lah yg tampak berganti2an"

3.b. Supaya Dijaga S45P
sering kita mendengar ada orang kecelakan mesti dia telah hati2 konon waktu itu dia lupa kalau dia punya sedulur papat,nah untuk tau caranya gue dulu diajarin ama eyang gue sebelum kita menuju kemana-mana disuruh
nyebut.
niat ingsun ngawruhi kakang kawah adi ari ari aku njaluk jogoen rogoku budal slamet mulih slamet ora onok halangan opo2


3.c. Meminta bantuan Sedulur Papat Lima Pancer:
kakang kawah adi arai-ari
sedulur tuwa papat lima pancer
sing dumunung ana ing awak ingsun jungkungana laku ingsun
jabang bayine ... .(sebutkan nama anda)
bisa kasembadan apa sing ana ati lan pikiran ingsun
yaiku....(sebutkan permintaan anda ex:bisa ketemu kalawan sira sedulur kabeh)
kanti kalis ing sambekala
padang panjang.... Amin...
sebelumnya didahului dengan al fatihah bagi yang muslim, bapa kami bagi yang nasrani atau doa2 sejenis semoga bermanfaat

4. S45P : Dalam Ilmu Hikmah , Bela Diri dan Aplikasi

mari kita simak dari pendapat metafisika :
"release your energy.. for love , money, health, and self defence.."

kita harus akui kan kebutuhan primer manusia, secara global ya cuma 4 macam
itu kan. kebutuhan akan cinta/kasih sayang, uang/kesejahteraan, kesehatan/pengobatan, dan keselamatan/beladiri/jagadiri. nah mulai selaras kan dengan aplikasi sadulur papat akan "kehidupan" manusia begitu pula dalam aplikasi seni tari dan seni beladiri langkah2 ke depan,belakang, kanan dan kiri. sebagaimana pula dalam aplikasi jurus yg utamanya adalah tidak lari dari 4 arah dan 4 inti gerakan.

Salah Satu Teknik Keilmuan Bela Diri yang bernama "MasCungkub" yang juga sangat mirip2 dengan "diagram" tenaga dalam tingkat tinggi yang dinamakan "Payung Rasul" dari aliran Margaluyu Payung Rasul, Payung Rasulullah, Payungan, Satrio Pinayungan. simbol payung yg selalu ada bersama para Sulthan/Khalifah.. yang pada sementara Sultan diantara yang pernah melakukan "teknik Manekung" atau dikalangan "orang kebanyakan" yg pernah melakukan teknik "kungkum" atau dikalangan praktisi thoreqoh, dengan "teknik zikrullahnya" atau dikalangan praktisi silat tenaga dalam, dengan teknik "pernapasannya" telah berhasil memayungi dirinya sendiri, dari godaan 4 nafsu dan kemudian juga "bisa" memayungi lingkungannya..

sebagai khalifatullah fil ardhi dan sebagai rahmatan fil `alamin. dan ingatlah.. sesungguhnya "ilmu" itu adalah bebas nilai layaknya "bayi" yg dilahirkan..

tergantung pada siapakah nantinya yang memegang dan mengasahnya dan memberikan "nilai2" dogmatis kepadanya. sebagai " fa aslama bihi" penyelamatan dan keselamatan serta selamat. Dalam filosofi syahbandar.

"Berdiri Alif Bergerak Wau Berakhir Ya` "

( Huwa Al Awwalu Wa Al Aakhiru = Huwal awwalu wal aakhiru Wa Azh Zhohiru Wa Al Bathinu = Wazhzhohiru wal bathinu)

Wa huwa bikulli syai-in Qodiir
tuliskan pada diagram ( + ) Huwa (Alif) di tengah
dan sekelilingnya; Awwalu, Akhiru, Zhohiru,Bathinu.

4.a. PERHATIKANLAH BALITA..

ketika bayi lahir . kepalanya / ubun2 ber denyut2 lembut. ketika "bernafas" ,
mereka melakukan pernafasan perut. jika balita kaget, cobalah pegang perutnya.. kencang.balita sering "ngobrol" dengan teman "misterius" yg "tanpa ujud.." jika terjadi kecelakaan dalam satu rombongan yg ada balita/bayi biasanya 90% bayi dan balita yg selamat.bayi dan balita, memiliki pandangan mata yang mampu melihat
"gaib" bahkan dikatakan mampu melihat malaikat. bahkan balita yg suka menggambar perhatikanlah. suka menggambar yg "aneh2" dari "gaib" yg sering dilihatnya.

fenomena sadulur papat lima pancer..


dan ketika saatnya lepas dari umur lima tahun. ketika pernafasan perut telah pindah ke dada. kemampuan2 itu semuanya.. secara perlahan.. sirna. awal belajar silat maka ketahuilah. kelemahan manusia terletak pada "perut" kekuatan manusia terletak pada "perut" maka perhatikanlah "bayi" kembalikan dirimu tatkala masih bayi kesimpulan: lakukan pengolahan pada "Perut".. pernafasan perut..seperti yg dilakukan oleh bayi.. ( power of solar plexus )

SEDULUR PAPAT LIMA PANCER (Saudara Empat Lima Pusat) Mengambil dari Kitab Kidungan Purwajati ,disebutkan bahwa “Saudara Empat” itu adalah Marmati, Kawah, Ari - ari (plasenta/ tembuni) dan Darah yang umumnya disebut Rahsa. Semua itu berpusat di Pusar yaitu berpusat di Bayi. Jelasnya mereka berpusat di setiap manusia. . Puser (Tali pusat) itu umumnya gugur (Pupak) ketika bayi sudah berumur tujuh hari. Tali pusat yang copot dari pusar juga dianggap saudara si bayi. Pusar ini dianggap pusatnya Saudara Empat. Dari situlah muncul semboyan
‘Saudara Empat Lima Pusat’

4.b. Dalam Bela Diri
Belajar silat itu ada 4 yg di olah:
-Darah, - Nafas, -Cipta, -Rasa.
mengolah darah maksudnya dari melaksanakan jurus2 mengolah nafas maksudnya menyempurnakan jurus mengolah cipta maksudnya untuk aplikasi jurus mengolah rasa maksudnya untuk hidupnya jurus tatkala sampai pada " hal olah cipta "maka seperti yg dimaksud ini:
Daya yg berasal dari pengertian sadulur pancer ini adalah termasuk bagian dari "daya asor(bawah)" sebab terjadinya melalui jalan "kacipta" (penciptaan/keinginan) maka apapun yang merupakan "kacipta" itu
adalah memang hanyalah kebutuhan2 Duniawi saja, maka dinamakan "daya asor" dan belum termasuk dari "daya ala" (tinggi)
PANCER: Berdiri/tangtungan Alif, isi, sambungkan frekuensi kpdNya GERAK :
- tolak ( nafi ) jeblag
- tarik ( itsbat ) tarik
- berputar ( daur) liwat
- angkat/jatuhan ( a`la/ safil) angkat teundeut

jika sambil melakukan pengencangan diafragma perut pada solar plexus, di aslamakan dengan :
1. Ya Allah
2. Ya Hayyu
3. Ya Qoyyuum
4. Ya Azhiim
5. Ya Robbal `aalamiin

Ketika dulu aku pengen betul mempelajari ilmu layang sukma.aku bertemu seorang guru dari aliran "Saudara Lahir Batin" dia mengajarkan aku kalimah ini:
Bismillah.. dst

Ya Allah Ya Hayyu Ya Qoyyum Ya Azhim Ya Robbal `Alamin Subhana abaisil warisi ya robbi inni maghlubun fantashirni Bismillah.. dst
Kun kata Allah, Fayakun kata Muhammad, Robbukum kata Jibroil Ya Jibroil Ya Mikail Ya Isrofil Ya Izroil

Yaiku Sang Ratu Kepyok Sang Ratu Herang putih
Kadulur bathin ka anak bathin kanu opat lima pancer
Ya Allah aku mohon diantar kedulur bathinku ke anak bathinku yang hidup dalam satu hari satu malam
Wahai dulur bathinku anak bathinku , bantulah aku... berkat la ilaha illallah muhammadur rasulullah aku tahu asalmu 204 sambungan. Hu Allah


ini setelah diamalkan dengan cara tertentu kemudian berakibat hadirnya 4 cahaya bergantian, dan ada satu cahaya yg sangat sering hadir yg dengan cahaya yg sering hadir itulah sang guru menetapkan kebijakan dan arahan lanjutannya setelah itu... . bertemulah dengan seseorang yg sangat mirip diri sendiri namun dengan ujud yg tak lengkap. dia memberitahu "kunci diri pribadi"
yg dengan kunci itulah dipakai untuk menjalankan tata cara dari sang guru untuk layang sukma yaitu pemunculan diri di beberapa tempat secara bersamaan waktunya

0 komentar:

Posting Komentar