Rabu, 03 November 2010

Membentuk Grup di Facebook Group

Facebook Group merupakan aplikasi yang disediakan Facebook agar para penggunanya dapat membuat suatu grup, kelompok atau komunitas. Biasanya grup ini dibentuk berdasarkan kesamaan hobi, aktivitas, organisasi, sekolah atau lainnya.
Jika Anda tertarik untuk membangun sebuah komunitas di Facebook, berikut langkah-langkahnya…

Langkah 1

Login dengan akun Facebook Anda, kemudian klik Aplikasi di pojok kiri bawah dan pilih aplikasi Groups.

Langkah 2

Kini  Anda ada di halaman Facebook Group. Cara lain untuk masuk ke halaman ini adalah dengan membuka alamat http://www.facebook.com/groups/create.php. Untuk membuat grup baru, klik tombol Create a New Group di kanan atas.

Langkah 3

Tulis informasi tentang grup Anda di kotak yang telah disediakan…
Ada 3 kolom yang wajib Anda isi di halaman ini, yaitu:
  • Group Name: Nama dari grup Anda.
  • Description: Jelaskan secara spesifik mengenai grup Anda. Deskrpsi ini akan menjadi kata kunci yang membantu orang-orang menemukan grup Anda bila mereka melakukan pencarian di Facebook.
  • Group Type: Pilih satu kategori dan sub kategori berdasarkan jenis grup yang hendak Anda buat.
Selanjutnya isi juga kolom kontak informasi jika Anda ingin menampilkannya, lalu klik Create Group.

Langkah 4

Grup telah berhasil dibuat! Selanjutnya Anda dapat mengatur tampilan halaman grup Anda seperti mengupload foto, menampilkan alamat situs web, termasuk mengatur apakah grup ini akan Anda buat terbuka, tertutup atau rahasia. Setelah selesai, klik Save.

Langkah 5

Kini pada layar Anda akan muncul tampilan sebagai berikut:
Klik Publish bila Anda ingin grup yang baru saja dibuat diumumkan di halaman Facebook Anda, namun jika Anda tidak menginginkannya Skip.

Langkah 6

Facebook kemudian akan mengarahkan Anda ke halaman Invite.
Silakan pilih dan undang teman-teman Anda untuk bergabung dalam grup Facebook yang baru saja Anda buat, sebaiknya undang teman yang kira-kira tertarik dengan grup tersebut. Selanjutnya klik Send Invitations

Langkah 7

Setelah mengirim undangan kepada teman-teman Anda, silakan klik Back to “nama group” di bagian kanan atas dan lihat tampilan halaman grup yang sudah Anda buat tadi…
Sekarang grup Anda sudah sudah siap untuk digunakan. Anda dapat mengupload gambar-gambar, mengabarkan berita atau acara tentang grup, serta berdiskusi dengan anggota grup lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar