Rabu, 03 November 2010

Mengatur Fitur Chat di Facebook

Fitur Chat atau ngobrol di Facebook mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, namun tahukah Anda kalau Anda bisa mengatur penggunaan fitur ini? Seperti misalnya Anda hanya ingin terlihat online oleh beberapa teman saja atau mungkin pada saat tertentu Anda sama sekali tidak ingin terganggu oleh ajakan chatting dari teman Facebook Anda. Nah, Anda bisa mengaturnya seperti berikut….

Langkah 1

Dari halaman utama Facebook Anda, lihatlah simbol Chat yang ada di bagian kanan bawah seperti berikut:
Angka yang ada di dalam tanda () adalah jumlah teman Anda yang sedang online. Klik tulisan  Chat untuk melihat siapa saja yang sedang online. Selanjutnya Anda akan melihat daftar teman yang sedang online berdasarkan kelompok yang telah Anda buat. Disini Anda bisa langsung mengatur pada kelompok yang mana Anda ingin terlihat online. Caranya, Anda tinggal menggeser tombol yang ada disamping kanan judul kelompok. Jika posisi tombol ada di sebelah kiri dengan warna hijau di sebelah kanan, artinya Anda terlihat online untuk kelompok tersebut. Sementara jika posisi tombol di sebelah kanan dengan warna abu-abu di bagian kiri artinya Anda terlihat offline untuk kelompok itu.

Langkah 2

Untuk menentukan kelompok mana saja yang ingin Anda tampilkan dalam daftar teman yang sedang online, klik tombol Friend Lists, kemudian klik nama kelompok.

Langkah 3

Selanjutnya Anda juga bisa mengatur tampilan fitur Chat dengan mengklik tombol Option.
Untuk menonaktifkan fitur Chat, cukup klik tulisan Go Offline. Sedangkan jika ingin mengatur urutan daftar kelompok, Anda bisa mengklik  tulisan Re-Order List. Disini Anda tinggal menarik (drag & drop) masing-masing kotak kelompok sesuai keinginan Anda. Jika sudah selesai klik Done Re-Ordering.
Sementara itu pilihan Pop out Chat memungkinkan Anda untuk membuka halaman Chat di jendela baru. Hal ini cukup membantu Anda yang tidak suka dengan tampilan normal kotak Chat yang kecil.
Pada 3 opsi paling bawah, Anda bisa mencontreng apakah Anda ingin mengaktifkan suara untuk setiap pesan baru, membiarkan jendela daftar online tetap terbuka, atau hanya menampilkan nama teman saja tanpa foto pada daftar teman yang online.

0 komentar:

Posting Komentar